Bisnis online semakin menjamur di
dunia maya. Kelebihannya adalah karena bisnis online lebih hemat waktu
dan tenaga. Ditambah lagi transaksinya mudah dan cepat karena adanya jaringan
internet. Meskipun memiliki kelebihan tersebut, bukan berarti bisnis online ini
lebih cepat sukses dibandingkan bisnis offline. Setiap bisnis pasti
memiliki kesulitan dan risiko masing-masing dalam menjalankannya.
Lingga Buana, penulis buku Smart
Business Online mengemukakan bahwa ada 7 kesalahan yang sering dilakukan
oleh pebisnis online dalam menjalankan bisnisnya. Ketujuh kesalahan ini
bisa mengakibatkan kegagalan dan risiko kebangkrutan bagi bisnis Anda.
1. Tidak konsekuen
menjalankan rencana
Kebanyakan pengusaha online tidak
mematuhi rencana bisnis yang sudah dibuat pengusaha itu sendiri. Dalam bisnisonline,
persaingan lebih ketat dibandingkan bisnis offline. Pesaing Anda
bisa dengan cepat melakukan promo produk sejenis tiap detiknya. Jika Anda
tidak mematuhi aturan rencana yang Anda buat dan rancang, maka Anda bisa
tertinggal dalam kompetisi transaksi online ini. Artinya Anda harus
siap gagal menjalankan bisnis Anda. Apakah ini yang Anda inginkan? Tentu saja
tidak.
2. Terlalu percaya
pada internet
Transaksi menjadi lebih cepat, dan itu
karena jaringan internet. Namun sebaiknya Anda jangan terlalu percaya jika
internet bisa menunjukkan jalan tercepat menjadi kaya. Bukan berarti Anda
bisa lebih cepat mendapatkan keuntungan berbisnis online. Jika
strategi yang Anda terapkan tidak tepat, maka keuntungan yang Anda harapkan
tidak akan tercapai meskipun Anda menggunakan jaringan internet sekalipun.
3. Malas mengelola
media sosial
Rasa malas adalah hal yang wajib Anda
dihindari jika Anda ingin sukses. Saat ini banyak website bisnis yang dimiliki
pengusaha online namun tidak terawat. Ditambah lagi kontennya kurang menarik
dan informasi yang diberikan tidakup to date. Membuat akun bisnis memang
mudah, namun sulit mengelola konten yang informatif dan up to date.Apabila
Anda malas mengelola media sosial Anda, maka calon pembeli Anda akan kabur dan
memilih berbelanja di tempat lain.
4. Malas belajar
dari banyak sumber
Seorang pengusaha online harus
mengikuti perkembangan teknologi di internet jika ingin sukses. Setiap harinya
perkembangan teknologi semakin berkembang. Jika Anda tidak bisa mengikutinya,
maka Anda akan tertinggal dibandingkan pengusaha online lainnya. Sebagai
pengusaha online, Anda harus mau belajar dari banyak sumber jika tidak
ingin menjadi pengusaha online yang ‘gaptek’.
5. Setengah hati
berbisnis online
Tidak semua pengusaha online
menjadikan usaha online sebagai mata pencarian utama. Mereka cenderung
menganggap usaha online yang dijalankan sebagai usaha sampingan. Jika
memang Anda menganggapnya begitu, namun bukan berarti Anda bisa
setengah-setengah menjalankan bisnis online Anda. Meski hanya untuk
mencari penghasilan tambahan, Anda juga harus fokus agar usaha Anda mendapatkan
profit yang signifikan.
6. Mudah menyerah
Belajarlah dari kegagalan agar Anda bisa
mengambil keputusan di kemudian hari. Memang tidak mudah untuk bangkit dari
kegagalan, tapi jangan terlalu lama terpuruk dalam kegagalan. Steven
Bredley pernah berkata, “orang-orang sukses adalah mereka yang selalu bangkit
setiap kali terjatuh”.
7. Tidak menjaga
hubungan baik dengan pembeli
Kecakapan berkomunikasi dapat menjalin
hubungan dan koneksi yang baik dengan konsumen. Sebagai pengusaha, Anda harus
komuniktif dalam menjalin relasi. Meskipun transaksi telah selesai, namun ada
baiknya apabila Anda tetap menjaga hubungan baik dengan konsumen Anda. Hubungan
yang baik akan membuat konsumen melakukanrepeat order.
Anda mungkin pernah mendengar saran untuk lebih
fokus untuk memajukan karir Anda. Ini jauh lebih mudah untuk mendapatkan arahan
jika Anda dikenal sebagai "konsultan untuk organisasi nirlaba" bukan
hanya konsultan, atau "spesialis berkebun organik" daripada penata
taman generik. Memang, "niching down" adalah strategi sukses bagi
banyak pemimpin pemikiran.
Tapi bagi banyak profesional - termasuk saya
sendiri - itu bisa menyakitkan untuk memilih hanya satu aspek untuk
berkonsentrasi pada. "Orang Renaissance" berkembang pada varietas,
dan itu bisa sewenang-wenang dan kontraproduktif membatasi diri. Untungnya, ada
strategi yang sama berlaku untuk maju dalam karir Anda: menempatkan taruhan kecil
dan membiarkan pasar memandu Anda.
Beberapa tahun yang lalu, saya akan bekerja
sebagai konsultan pemasaran wiraswasta, dan ingin menulis buku - baik untuk
memenuhi tujuan pribadi lama dan juga sebagai sarana untuk menarik bisnis baru.
Tapi itu sulit untuk mengetahui apa yang harus menulis tentang. Dalam pekerjaan
konsultasi saya, saya seorang generalis, membantu klien dengan segala sesuatu
dari strategi pemasaran media sosial untuk pengembangan pesan. Dan aku punya
habisnya karir masa lalu, dari melayani sebagai juru bicara kampanye presiden
untuk membuat film dokumenter, dan dari menjadi wartawan untuk menjalankan
nirlaba advokasi bersepeda. Sulit untuk mencari tahu apa aspek dari pengalaman
saya yang harus saya menulis tentang dan - kritis - apa yang akan benar-benar
menarik minat orang lain.
Itu hanya ketika saya mulai blogging untuk
publikasi terkemuka di 2010 yang fokus saya menjelaskan. Posting kedua saya
menyumbang sekitar reinventing merek pribadi Anda - topik yang saya tertarik
karena banyak perubahan karir saya. Hal itu belum tentu dimaksudkan untuk
menjadi pernyataan definitif saya untuk dunia; itu adalah salah satu posting
blog, dari puluhan saya lakukan sebelumnya dan ratusan aku akan melakukan selanjutnya.
Tapi untuk beberapa alasan, yang satu ini
tertangkap. Ia menerima ton komentar di situs web, dan editor meminta saya
untuk menulis versi yang diperluas untuk majalah mereka. Dalam seminggu
publikasi, tiga agen sastra yang berbeda telah mengulurkan tangan kepada saya,
menanyakan apakah aku akan tertarik dalam representasi. Dua tahun kemudian,
buku saya Reinventing Anda dirilis, dan aku kemudian kuliah di seluruh dunia
tentang personal branding dan reinvention profesional.
Kadang-kadang Anda harus bereksperimen dengan
banyak ide dan melihat mana yang menempel. Mulailah dengan mengidentifikasi
topik yang Anda merasa bergairah tentang dan menempatkan taruhan kecil pada
masing-masing. Pada titik ini, fokus Anda tidak harus seperti laser; Anda dapat
menulis posting tamu untuk situs berkebun organik, membuat daftar tips bisnis
untuk posting LinkedIn, dan mengatur Meetup untuk spesialis inovasi. Cobalah
hal-hal dan melihat apa yang terbakar. Posting yang menerima paling komentar,
atau retweets, atau pertanyaan e-mail? Apa yang tampaknya untuk menangkap
imajinasi orang?
Menemukan niche Anda adalah bukan ilmu pasti,
dan Anda sering tidak akan tahu sebelumnya apa yang akan bekerja. Jika saya
telah menunggu ide yang tepat, aku mungkin masih menunggu. Sebaliknya, saya
mencoba berbagai, dan dalam proses, belajar mana yang orang peduli. Mengambil
risiko kecil seperti menciptakan portofolio modal ventura: Tidak apa-apa ketika
99 tidak membayar jika keseratus adalah sukses besar.
sumber: yea-indonesia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar